Welcome to Poso

Peluang Investasi

Coconut Trees, beauty and investment  challenges..

Coconut Trees, beauty and investment challenges..

Daerah Poso, Parigi-Moutong, Morowali, Tojo Una-Una, Luwuk merupakan kawasan yang sangat potensial untuk bisnis dan investasi. Kawasan ini merupakan ini kaya akan bahan tambang seperti biji besi dan nikel. Beberapa perusahaan telah berdiri untuk melakukan penambangan nikel yang diekspor mentah ke luar negeri.

Sektor perkebunan menghasilkan kopra dan cokelat sebagai produk utama. Ratusan ton biji kakao dan kopra dihasilkan kawasan ini setiap hari. Biji kakao kering langsung ke pedagang besar di Palu, Manado dan Makassar tanpa diolah terlebih dahulu. Kebanyakan diekspor langsung ke Malaysia yang mengolahnya menjadi bubuk cokelat. Bubuk cokelat produk Malaysia diekspor ke berbagai negara termasuk Eropa dan Amerika.

Mengingat harga bubuk cokelat yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh industri pangan dunia, sangat diharapkan bila dimasa mendatang, pengolahan biji kakao menjadi bubuk dapat dilakukan di Poso sehingga memberi nilai tambah yang lebih tinggi bagi produk biji kakao. Investasi pabrik pengolahan biji kakao, juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan menggerakkan ekonomi daerah.

Perkebunan kelapa ada di mana-mana. Sepanjang mata memandang terlihat ratusan sampai ribuan pohon kelapa melambai dalam jangkauan mata. Buah kelapa diolah menjadi kopra. Ketersediaan bahan baku kopra yang melimpah membuka peluang usaha pengolahan kopra menjadi minyak kelapa. Industri ini belum mampu menampung semua produksi kopra sehingga kawasan ini pun mengirimkan kopra ke daerah lain untuk diolah lebih lanjut.

Hasil kebun lainnya adalah minyak kelapa sawit (crude palm oil – CPO) yang dihasilkan dari hamparan kebun kelapa sawit. Kawasan Poso dan Morowali merupakan lahan yang sangat luas bagi perkebunan kelapa sawit. Saat ini beberapa perusahaan telah melakukan ekspor CPO dari pelabuhan sekitar Morowali, ke berbagai negara. Pasar produk CPO dan turunannya terbuka luas, baik di dalam negeri maupun untuk tujuan ekspor. Industri pengolahan CPO menjadi produk jadi atau semi produk jadi jelas merupakan salah satu peluang investasi yang menarik.

Poso Customs Office, Export Import Support

Poso Customs Office, Export Import Support

Hutan Poso dan sekitarnya merupakan tabungan kayu yang harus dikelola dengan bijaksana. Ketersediaan kayu yang melimpah merupakan daya dukung pembangunan yang tak ternilai sekaligus pelindung alam lestari. Selain kayu, hutan Poso juga kaya dengan rotan yang dapat mendorong timbulnya industri furniture dan semacamnya. Tindakan pemerintah mengawasi perdagangan kayu dan rotan batangan merupakan langkah yang baik untuk melindungi hutan sekaligus menumbuhkan investasi dan industri dalam negeri.

Sektor lain yang dapat dikembangkan adalah pariwisata. Berbagai potensi wisata terutama wisata bahari dapat dikembangkan untuk menjadi sentra wisata baru. Alam Poso dan sekitarnya sangat potensial untuk pembangunan wahana air. Jalur transportasi yang sibuk sepanjang pantai merupakan pasar tersendiri untuk industri wisata.

Saat ini baru Kepulauan Togean (Togean Island) yang cukup dikenal dikalangan pecinta wisata bahari. Padahal kawasan juga memiliki kepulauan-kepulauan lain yang sangat indah untuk ditawarkan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kendalanya adalah belum adanya investor yang serius menggarap peluang-peluang ini dengan baik.

Sektor pendidikan juga masih terbuka. Kawasan Poso dan sekitarnya sedang bergerak cepat seiring pertumbuhan ekonomi yang membaik. Perkembangan yang baik ini seharusnya diikuti juga dengan ketersediaan layanan jasa kursus yang baik dan bertaraf internasional. Layanan ini sangat penting agar tidak terjadi ketimpangan antara kemajuan ekonomi dengan pengetahuan masyarakat. Mengingat pasar yang terbuka luas, peluang usaha di bidang pendidikan patut dilirik.

Sektor Perikanan juga merupakan potensi usaha yang menggiurkan, Kawasan Poso dan sekitarnya menyediakan kekayaan bahari yang dapat diolah untuk konsumsi ekspor maupun lokal. Demikian juga danau Poso merupakan sumber daya yang dapat menjadi lahan perikanan dan industri terkait lainnya.

Poso Seaport

Poso Seaport

Dengan letaknya yang sangat strategis, berbagai industri dan jasa pendukung akan sangat diperlukan kawasan ini. Sebut saja perhotelan dan restaurant, jasa kurir, perbankan, properti, transportasi, dan lain-lain akan berkembang pesat di kawasan ini.

Dengan pulihnya keamanan Poso dan sekitarnya, infrastruktur pendukung pembangunan kawasan Poso dan sekitarnya seperti jalan, jembatan, pelabuhan, bandar udara, jaringan telekomunikasi dan sebagainya telah tersedia. Ketersediaan daya listrik akan semakin terpenuhi dengan pembangunan PLTA Poso Energy yang berkapasitas maksimum 195 Megawatt. Jaringan komunikasi broadband internet pun ada di mana-mana untuk mendukung fungsi bisnis maupun pendidikan.

3 Responses to "Peluang Investasi"

wah, kantor bea cukainya megah juga ya. dengan atap birunya, semarak juga tampilannya … (Jakarta)

POSO MANTAP DEH

informasi investasi :
sy menginformasikan dan menawarkan untuk para pengembang properti(cocok untuk perumahan) dan pengusaha kakao(cocok untuk pabrik pengolahahn kakao)di jual cepat TANAH.keunggulan lokasi tanah berada di dalam kota poso.lokasi tanah berada di jl.seoprapto kelurahan lawanga.LUAS TANAH -/+30.500 M2.jarak dari jalan poros(JALAN besar) ke lokasi tanah kurang lebih 50 Meter..surat surat lengkap (sudah dalam bentuk SERTIFIKAT =SHM=)dan tidak bermasalah.harga 150.000/meter(bs nego).yg serius silahkan hub (harrys) no 04522711000/085340885861 dan kunjungi langsung lokasi.email harrys_pong@yahoo.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: