Welcome to Poso

Transportasi Poso

Bandara Mutiara Palu

Bandara Mutiara Palu

Seiring perjalanan waktu, roda pembangunan juga membuka akses transportasi yang semakin baik ke daerah Poso dan sekitarnya. Pemekaran kabupaten Poso menjadi 3 kabupaten yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Tojo Una-una dan Kabupaten Morowali memunculkan sentra-sentra ekonomi yang menuntut pembukaan akses-akses transportasi yang lebih baik.

Transportasi Udara

Terdapat 3 bandara di sekitar Sulawesi Tengah yaitu bandara Mutiara (Palu), Bandara Kasiguncu (Poso) dan Bandara Bubung (Luwuk). Bandara Mutiara Palu mempunyai akses langsung ke bandara utama Indonesia seperti bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Ngurah Rai (Bali), Pattimura (Ambon), Sam Ratulangie (Manado), dan lain-lain. Hampir semua maskapai nasional bisa melayani rute ke/dari bandara Mutiara seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Merpati, Batavia Air, Sriwijaya Air dan sebagainya.

Bandara Kasiguncu, Poso, memulai 2009 dengan pembenahan yang serius. Terdapat beberapa maskapai yang pernah melayani penerbangan dari dan ke Poso untuk menghubungkan Poso dengan kota-kota di sekitarnya. Saat ini, Merpati membuka penerbangan Makassar – Poso dan sebaliknya dengan menggunakan pesawat ATR dar maskapai Wings Air (Lion Air) berkapasitas 70 penumpang. Penerbangan Wings Air ke/dari Poso tersedia 4 kali seminggu yaitu setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu.

Transportasi Laut

Daerah Poso dan sekitarnya memiliki puluhan bahkan ratusan pelabuhan, termasuk pelabuhan rakyat/tradisional yang melayani transportasi manusia dan barang melalui laut. Secara administratif terdapat beberapa pelabuhan utama di daerah Poso dan sekitarnya yaitu Pelabuhan Poso, Ampana (Kab. Tojo Una-una), Wakai (Kep. Togean, Kab Tojo Una-una), Kolonedale (Kab. Morowali), Moahino/Bohumbelu (Kab. Morowali), dan lain-lain.

Pelabuhan-pelabuhan utama tersebut dapat melayani kapal-kapal domestik maupun asing, termasuk untuk pelayanan ekspor impor barang. Kedalaman laut di dermaga pelabuhan Poso misalnya, mencapai 7m sehingga bisa dirapati kapal yang cukup besar. Tahun 2010 telah dimulai juga pengembangan dermaga baru khusus cargo, sehingga nantinya dermaga yang ada saat ini dikhususkan untuk pelayanan penumpang.

NZ Esperanza

NZ Esperanza, Kapal berbendera Panama tiba di Pelabuhan Poso

Untuk kapal penumpang, Pelabuhan Poso juga telah dilayani oleh Kapal Pelni KM Sangiang yang menempuh rute di sekitar Indonesia Timur. Menariknya, KM Sangiang juga menyinggahi pelabuhan di Wakai (Togean Islands) yang dikenal sebagai lokasi wisata bahari yang indah.

Dari pelabuhan Poso, KM Sangiang yang berkapasitas 554 penumpang,  akan menjalani rute menuju Togean Island – Gorontalo – Bitung – Ternate – Sanana – Namlea – Ambon lalu kembali menyusur jalan balik sampai ke Poso. Rute lainnya adalah Bitung – Ulusiau – Tahuna – Lirung – Karatung – Miangas lalu menyusur rute balik ke Bitung – Gorontalo sampai Poso.

Transportasi Darat

Posisinya yang strategis menjadikan Poso sebagai simpul utama transportasi darat di pulau Sulawesi. Perlintasan transportasi darat Utara Selatan (Manado – Gorontalo – Palu – Makassar) dan Timur Barat (Palu – Luwuk) melalui kota Poso sehingga tidak berlebihan jika dalam waktu yang tidak terlalu lama Poso akan berkembang menjadi salah satu pusat perdagangan utama di Sulawesi.

Jalan darat trans Sulawesi cukup baik sehingga hampir seluruhnya dapat dilalui bus berukuran 40-an kursi yang dilengkapi AC. Alat transportasi lainnya adalah bus berukuran lebih kecil dengan kapasitas 20-an kursi, biasanya tanpa AC tetapi tarifnya lebih murah. Selain itu, angkutan antar kota di Sulawesi dapat juga menggunakan minibus yang dikelola oleh travel agen. Kebanyakan minibus juga telah dilengkapi AC yang memungkinkan perjalanan menjadi lebih nyaman.

Bila punya waktu lebih, perjalanan darat dari Makassar dapat menjadi pilihan liburan yang menarik. Jalur ini sudah sangat mulus dan melalui lekukan pegunungan yang menyajikan keindahan Sulawesi. Selain kendaraan kecil, terdapat pula bus kapasitas besar yang siap mengantar menuju Poso.

8 Responses to "Transportasi Poso"

Where can I book online for Makassar – Poso ?

Didier: yes you can reserve online through http://www.merpati.co.id. Enjoy Poso…

Kebetulan Oktober nanti kami berencana ke Pulau Togian, start dari Makassar dan mampir dulu di Tana Toraja 2 hari. Dari Tator baru kami akan ke Ampana melalui Poso, tapi sebelumnya mau mampir dulu ke Air Terjun Saloupa di Tentena dan meresapi keindahan Danau Poso. Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah bus atau travel yang menuju ke Ampana dari poso, selalu ada, atau ada jadwal tertentu? Atau ada nmr kontak yg bisa dihubungi..?
2. Adakah Bus atau Travel dari Toraja ke Poso, bagaimana pula jadwalnya. Kalau ada nmr kontak, bisa sekalian diinfokan.

Thanks untuk infonya.

Hello Uwais…transportasi di Sulawesi sangat2 banyak…untuk antar kota dilayani oleh travel dengan kendaraan mulai ukuran mini bis (Mitsubishi L300) sampai Bis panjang lengkap dengan AC… UNtuk transportasi Poso Touna ada Touna travel dll, kalau Toraja Poso, anda bisa memilih bis Rappan Marannu atau Fa Litha… Terdapat juga mobil2 rental yang dapat Anda sewa kemana pun Anda mau. Ditunggu kedatangannya di Poso…

Maaf, saya juga bingung mau booking transport travel dari palu ke nggawia tojo una-una,
Mohon di bantu no kontak travel,
trimakasih

Kalau dari jakarta ke p0s0, bisa lewat darat tdak? Kalau bisa naik apa?

Hello wuland, dari Jakarta ke poso bisa lewat palu or makassar. Dari makassar bisa naik pesawat 1 jam penerbangan atau naik bis sekitar 20 jam. Banyak turis yang menyukai naik bis karena bisa skalian traveling menikmati alam sulawesi yang eksotik..
Kalau dari palu, tinggal naik mobil travel sekitar 5 jam.

dari manado ke luwuk naik bus bisa ? tarif dan rutenya mohon info donk .thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: