Welcome to Poso

Damai Natal di Poso

Posted on: 26 December 2011

Seribu arti bahasa cinta lewat gambar.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, perayaan Natal di Poso tahun ini berjalan lancar, aman dan meriah. Suasana Natal telah terasa sejak awal Desember. Sudah menjadi tradisi bagi umat kristiani Poso memasang rangkaian lampu yang dililitkan pada sebatng bambu dan diletakkan di gerbang rumah. Di malam hari, pemandangan menjadi semarak oleh lampu warna-warni.

Perayaan natal telah berlangsung di beberapa gereja sejak awal Desember. Suasana kerukunan sangat terasa karena sukacita masyarakat kristiani juga diramaikan oleh umat muslim dan hindu yang juga banyak terdapat di Poso. Hampir setiap hari terlihat sekumpulan remaja Poso bolak balik kota Poso dan kota wisata Tentena saling mengunjungi satu sama lain merayakan natal. Di malam hari, langit menjadi semarak oleh kembang api yang dimainkan anak-anak.

Operasi Lilin: Salah satu pos menempati Kantor Bea Cukai Poso

Suasana kerukunan semakin terasa ketika malam tanggal 19 Desember 2011, bupati Poso, Piet Inkiriwang mengadakan Safari Natal yang diadakan di Gereja Zion yang terletak di pusat kota Poso. Safari Natal merupakan tradisi merayakan natal yang dirangkaikan dengan silaturahmi dengan berbagai tokoh agama di Kabupaten Poso. Terlihat hadir puluhan ulama, pendeta, pastor, serta pendeta Hindu berbaur bersama unsur Muspida dan masyarakat Poso. Dalam sambutannya, Bupati Poso mengucapkan syukur dan terima kasih atas keamanan dan situasi Poso yang sudah semakin kondusif.

Pihak keamanan sendiri mengerahkan melalui Operasi Lilin sejumlah petugas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa pos keamanan didirikan di titik-titik strategis. Kapolres Poso, Kapolres Poso AKBP Pulung. R, SH mengerahkan sekitar 700 polisi untuk meningkatkan rasa aman warga dalam melaksanakan Natal dan malam pergantian tahun.

%d bloggers like this: