Welcome to Poso

Parade Bougenville

Posted on: 16 May 2011

Ada sesuatu yang menarik perhatian saat mengitari daerah Poso dan sekitarnya. Bougenville! Sepertinya kembang yang selalu mekar dalam aneka warna bunga ini, ada di hampir setiap rumah. Saat menyusuri Parigi Moutong menuju Poso, sepanjang jalan terlihat beraneka Bougenville seakan menemani perjalanan. Bougenville menyapa dalam berbagai tampilan.

Di Poso pun tidak kalah unik. Bougenville selain ditanam berjejer di pinggiran jalan, juga terlihat menghiasi pintu gerbang. Bahkan ada yang membentuknya menyerupai kanopy atau gazebo untuk bersantai di bawahnya. Dengan keterampilan khusus, Bougenville pun disambung dengan varian lainnya sehingga dalam satu pohon dihasilkan kembang berbagai warna.

Tanah Poso yang subur bergabung dengan sifat alamiah Bougenville yang tidak manja dan tidak memerlukan perawatan khusus, menghasilkan keindahan paduan warna di mana-mana. Tidak selalu di depan rumah mewah, Bougenville pun terlihat menghiasi rumah-rumah sederhana. Rumah boleh sederhana, tetapi dari Bougenville yang terpelihara baik, terlihat keindahan dan kekayaan hati pemiliknya.

Bakat alamiah masyarakat ini seharusnya diwadahi dan dimaksimalkan sebagai aset untuk menunjang cita-cita menjadikan Poso sebagai salah satu daerah yang indah untuk tujuan wisata. Bukan tidak mungkin kalau pemda Poso akan menggelar lomba halaman terindah? Atau lomba taman bougenville? Apapun itu, semarak Bougenville, tanpa disadari telah setia memperindah Poso dan sekitarnya..

Ini adalah beberapa hasil jepretan dengan menggunakan kamera sederhana 2MP. Apakah salah satunya rumah Anda? Selamat karena Anda memiliki sesuatu yang indah untuk menghormati orang yang memandang rumah Anda.

Bila ditangani dengan serius, bukan tidak mungkin predikat kota Bunga di Sulawesi juga layak disandang oleh Poso sebagaimana Tomohon di Sulawesi Utara.

%d bloggers like this: