Welcome to Poso

Pilkada Sulteng di Poso

Posted on: 7 April 2011

Pelaksanaan Pilkada di Poso (06/04) untuk memilih gubernur Sulawesi Tengah periode 2011 – 2016 berlangsung tertib dan disambut masyarakat dengan cukup antusias. Sekolah-sekolah diliburkan, termasuk kantor-kantor pemerintahan ditutup sehari penuh. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan peran masyarakat Poso dalam proses demokratisasi.

Dari pantauan Posocity, masyarakat Poso sudah mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan di lokasi-lokasi strategis, untuk menggunakan hak pilih. Terdapat 5.294 TPS tersebar di seluruh 10 kabupaten dan 1 kotamadya se-Sulawesi Tengah.

Adapun calon gubernur Sulawesi Tengah yang berkompetisi dalam pilkada ini adalah Aminuddin Ponulele-Luciana Baculu, Sahabuddin Mustapa- Faisal Mahmud, Longky Djanggola- Sudarto, Rendy Lamadjido- HB Paliudju, dan Achmad Yahya-Ma’ruf Bantilan. Kelima pasangan tersebut memperebutkan sekitar 1,7 juta suara dari calon pemilih yang terdaftar.

Dua nama besar dalam Pilkada ini adalah HB Paliudju yang masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tengah dan Achmad Yahya yang juga masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Keduanya telah mengakhiri masa jabatan pada tanggal 24 Maret 2011 lalu.

Hasil perhitungan yang dikeluarkan beberapa lembaga quick count menunjukkan pasangan Longky Djanggola- Sudarto merupakan pemenang mutlak pilkada ini dengan catatan kemenangan di atas 50%. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mencatat Longki Djanggola-Sudarto meraih 53,98% sedangkan Rendy Lamadjido- HB Paliudju hanya 13,07% suara. Hasil dari Script Survei Indonesia (SSI) menunjukkan pasangan Longki Djanggola- Sudarto berhasil meraih 59,38%, jauh di atas Rendy Lamadjido- HB Paliudju yang mengumpulkan 9,74% suara.

Longki Djanggola yang diusung oleh partai Gerindra, Hanura, PDP, Patriot, PPP, PKPB dan PKS, saat ini masih menjabat Bupati Kabupaten Parigi Moutong. Beberapa pihak mencatat kemenangan Longki sebagai pengakuan atas keberhasilannya memajukan daerah yang dipimpinnya. Profil pribadi yang santun dan bersahaja menjadi kunci keberhasilan Longki mendominasi pemungutan suara di Sulawesi Tengah.

Meski belum ada rilis resmi dari KPUD Sulteng, kota Poso sendiri terlihat semarak dengan hasil kemenangan pasangan Longki Djanggola-Sudarto. Di beberapa posko pendukung, terdengar musik dan keramaian hingga tengah malam.

 

 

%d bloggers like this: