Welcome to Poso

Poso from the Sky

Posted on: 24 September 2010

Memandangi Poso dari segala sudut memang selalu mengasyikkan. Mungkin Poso adalah keindahan yang tertawan. Mutiara yang masih malu-malu. Dalam suatu perjalanan beberapa hari yang lalu, Posocity menumpang pesawat SMAC terbang ke Makassar.

Dari atas pesawat yang berkapasitas 22 penumpang ini, pemandangan Poso sangat jelas. Sayang perjalanan ini berlangsung sore hari disaat matahari mulai meredup. Tetapi hal itu tidak mengurangi semangat Posocity untuk mengabadikan beberapa keindahan di bawah sana meski hanya dengan pocket camera Casio Exilim.

Dua gambar di bawah ini adalah pemandangan saat pesawat baru take-off dari bandara Kasiguncu Poso. Kota Poso terlihat di kejauhan di tepian lekukan pantai yang menghadap ke Teluk Tomini.

Beberapa menit kemudian, pesawat melintas di atas kampung Sulewana. Di sini PT Poso Energy membangun pembangkit tenaga listrik (PLTA) yang merupakan PLTA pertama di Indonesia yang asli karya anak negeri sendiri. Foto di bawah ini menunjukkan lokasi PLTA Poso yang menggunakan sumber air yang mengalir dari Danau Poso.

Sekitar 10 km dari Sulewana, pesawat melewati kota Tentena. Penanda utama Tentena yang terlihat adalah 2 jembatan tua dan jembatan baru yang melintasi mulut Danau Poso yang mengalirkan airnya ke sungai Poso.  Danau Poso terletak pada ketinggian 600m di atas permukaan laut.

Sore makin meredup, mata ini tak bosan mengintip birunya Danau Poso dari ketinggian. Sayang sekali danau ini belum dimaksimalkan potensi wisatanya dengan penyediaan fasilitas rekreasi air yang memadai.Tetapi bagi yang merindukan ketenangan alam, Danau Poso adalah tempat yang tepat.

Gambar-gambar bisu ini hanya memperlihatkan sedikit dari potensi Poso yang melimpah. Semoga gambar-gambar ini berbicara ke telinga-telinga yang tepat. Yang sungguh mau melakukan yang terbaik bagi kemajuan Poso. Semoga.

3 Responses to "Poso from the Sky"

wes…tambah kangen poso gambar yg ok bgt thnx broo!!

Terima kasih…ditunggu ya kedatangannya di kota cinta, Poso.

poso memang mempesona dilihat dari sudut manapun…

Comments are closed.

%d bloggers like this: