Welcome to Poso

Pilkada Poso Aman dan Lancar

Posted on: 3 June 2010

Baliho Piet - Syamsuri

Hari Rabu, 2 Juni 2010, masyarakat Poso melaksanakan pemilihan kepala daerah (bupati). Pemilihan tersebut untuk memilih pemimpin Poso 5 tahun kedepan dari 4 pasangan calon yang ada.

Sebelumnya sempat merebak kekuatiran bahwa pilkada kali ini akan diwarnai dengan aksi-aksi tidak terpuji sebagaimana pilkada-pilkada di daerah lain. Selain itu, Poso masih dikuatirkan menyimpan potensi untuk timbulnya kerusuhan.

Ternyata semua kekuatiran tersebut tidak terbukti. Pekan kampanye yang berlangsung sebelumnya, berjalan sangat aman. Tidak terdengar ada gesekan antar pendukung calon bupati. Bahkan pada hari H, pilkada yang dilaksanakan di lebih 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) berlangsung aman dan lancar.

Menjelang sore hari, penghitungan suara yang dilaksanakan menunjukkan bahwa pasangan Piet Inkiriwang – Syamsuri menduduki posisi pertama dengan prolehan suara sementara. Posisi kedua ditempati pasangan Sonny Tandra – Muljadi. Sampai berita ini ditulis penghitungan suara sudah lebih 80 persen. Diperkirakan posisi tersebut tidak akan berubah banyak hingga perhitungan rampung.

Sementara itu, Kamis siang kantor KPU Poso masih dijaga ketat oleh aparat keamanan untuk mengantisipasi aksi-aksi yang tidak diinginkan dari pendukung calon bupati yang tidak menerima kekalahannya. Selain di kantor KPU, tidak kurang 952 polisi, 237 pasukan Brimob, dan 950 pasukan TNI diturunkan untuk menjaga keamanan di berbagai titik di 18 kecamatan..

Meski kecewa dengan capaian Pilkada, Aceo (Hendrik Gary Lyanto), salah satu calon bupati, meninggalkan pesan damai kepada seluruh pendukungnya. Ia menerima kekalahan ini dengan lapang dada dan mewanti-wanti untuk tidak melakukan tindak anarkis dalam bentuk apapun. Pengusaha ini bertolak menuju Jakarta hari Kamis, 4/06 melalui bandara Mutiara, Palu.

”Kitorang pasti dukung, siapapun yang terpilih (jadi bupati). Yang penting Poso aman,” kata Lince, 32, sambil membereskan dagangannya di Pasar Sentral Poso.

Dengan situasi pilkada yang begitu tenang, tidak berlebihan bila kita semua mengucapkan terima kasih dan selamat kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan pilkada ini dengan aman dan lancar. Selamat kepada masyarakat Poso.

1 Response to "Pilkada Poso Aman dan Lancar"

Salut for warga poso atas keamanan selama pilkada… Semoga siapapun Bupatinya,semua elemen masyarakat Poso..siap mendukung! Viva Poso,, Maju Terus…God Bless Tana Poso..Sintuwu Maroso!!!

Comments are closed.

%d bloggers like this: