Welcome to Poso

Express Air Buka Penerbangan ke Poso

Posted on: 10 May 2010

Pesawat Dornier 328Tanggal 12 Mei 2010 besok, Express Air akan memulai penerbangan perdananya ke Poso. Rutenya dari Makassar – Poso bolak balik 2 kali seminggu, setiap Rabu dan Jumat pagi jam 06.15. Pihak Express Air melihat peluang dibalik membaiknya kondisi Poso. Trafik penumpang di jalur ini cukup menjanjikan mengingat Makassar sejak lama telah menjadi kiblat perdagangan, industri, pendidikan dan pemerintahan di Indonesia Timur. Keberadaan tambahan alat transportasi ini akan semakin membuka Poso untuk menyelaraskan langkahnya bersama kota-kota lainnya di Sulawesi.

Jarak tersebut ditempuh dalam waktu singkat hanya sekitar 45 menit karena Express Air menerbangi rute ini dengan pesawat Dornier 328 yang dikenal cepat mengarungi angkasa. Setibanya di bandara Kasiguncu Poso, Dornier langsung kembali ke Makassar sekitar jam 07.00 pagi.

”Meski hanya 45 menit perjalanan, kami memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang. Jangan kaget juga kalau anda terbang dengan pilot bule karena Express Air selain menggunakan pilot lokal, juga pilot impor,” kata seorang staf Express Air dengan nada bercanda.

Dari sisi pariwisata, pembukaan jalur ini juga mestinya dipromosikan untuk mempersingkat waktu tempuh wisatawan yang ingin berkunjung ke Poso dan Togean Islands. Selama ini kebanyakan wisatawan mesti melewati jalur memutar lewat Makassar atau Manado ke Palu, atau dari Tana Toraja. Penerbangan Expressair ini memangkas waktu tempuh dan memberikan keuntungan ekonomis yang tinggi.

Pesawat Dornier 328 dengan berkapasitas 30 seat, awalnya diproduksi oleh Dornier Luftfahrt GmbH, Jerman. Belakangan perusahaan tersebut diambil alih oleh Fairchild Aircraft. Dornier 328 kebanyakan dipakai di penerbangan-penerbangan perintis di dunia sejak tahun 1993. Di Australia, pesawat ini mendapat penghargaan atas kemampuannya yang luar biasa untuk menjelajah medan. Kecepatannya cukup tinggi yaitu sampai 620 km/jam dengan interior menawan dan nyaman. Dengan berbagai kelebihan ini, tidak salah bila Express Air banyak menggunakan pesawat ini untuk armadanya.

Harga tiket Makassar – Poso atau sebaliknya mulai Rp400 ribu.

%d bloggers like this: