Welcome to Poso

Bukit Bambu, Pojok Eksotis

Posted on: 1 March 2010

  • In: Pariwisata
  • Comments Off on Bukit Bambu, Pojok Eksotis

Pemandangan dari Bukit Bambu, Poso.

Tidak banyak yang tahu tempat ini. Bahkan mungkin bagi kebanyakan masyarakat Poso, tempat ini biasa saja. Bisa jadi karena banyak sudut-sudut yang menyajikan keindahan Poso dan sekitarnya. Akibatnya, pojok indah ini menjadi tidak terlihat.

Penduduk sekitar menyebutnya Bukit Bambu. Dari arah kota Poso, bukit ini terlihat mencolok tinggi memanjang bagai benteng dengan beberapa pemancar telekomunikasi di atasnya. Waktu kami mengunjunginya, kami tidak menemukan pohon bambu dalam jumlah banyak. Lokasi sekitarnya telah berubah menjadi perkebunan.

Kami berhenti di sebuah gundukan di ketinggian Bukit Bambu. Dari situ terlihat keindahan yang berbeda di dua sisi. Di sisi yang satu tersaji pemandangan kota Poso di tepian teluk Tomini. Di sisi satunya terhampar lembah hijau yang berujung di lautan biru membentang. Sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan.

Keindahan makin mencekam kala mentari mulai turun. Semburat jingga mulai menghapus biru langit. Semilir angin senja yang sejuk -pasti bebas polusi- serasa segar membasuh jiwa.  Tidak salah jika kami segera jatuh cinta ke pojok eksotis ini. Dalam berbagai kesempatan, kami berusaha untuk menyinggahinya.

Entah sampai kapan, pojok ini akan menjadi tempat rahasia kami. Mungkin tulisan ini akan membuatnya bukan rahasia lagi. Biarlah semakin banyak orang yang ke sana, menikmati romantisme senja di Bukit Bambu.

Kota Poso di pagi hari.

%d bloggers like this: