Welcome to Poso

Durian Malei dari Poso

Posted on: 13 February 2010

  • In: Pariwisata
  • Comments Off on Durian Malei dari Poso

Membelah durian MaleiMusim durian selalu membawa aroma sedap di negeri tropis Indonesia. Bila sedang berada di Poso, Sulawesi Tengah pada setiap awal tahun, jangan lewatkan untuk menikmati lezatnya durian Malei. Rasa durian ini sangat khas dibandingkan durian lain yang beredar di Sulawesi Tengah.

Rasa durian Malei manis, legit dengan sensasi pahit yang sangat berbeda. Daging buahnya tebal bisa memberi rasa kenyang.  Bagi yang mengaku jago makan durian, boleh beradu tanding makan durian ini. Seorang jagoan durian yang ikut dalam rombongan kami siang itu mengakui sensasi durian Malei bisa langsung terasa sampai di ubun-ubun.

“Pokoknya sip,” katanya sambil mengangkat dua jempol.

Dinamakan durian Malei, karena durian tersebut berasal dari hutan dan perkebunan rakyat di kampung Malei, sekitar 2 jam perjalanan ke Timur dari arah Poso. Di daerah tersebut banyak terdapat durian alam maupun kebun tradisional yang menghasilkan durian Malei ini.

Tetapi jangan salah. Demi mendongkrak penjualan, setiap pedagang biasanya mengaku duriannya dari Malei. Belum tentu. Tetapi bila beruntung mendapatkan durian Malei, yakinlah Anda tidak akan menyesal. Apalagi harganya hanya Rp5000-an per buah. Bila sudah sampai ke Palu atau Makassar, harganya jadi diatas Rp20 ribuan per buah.

Datanglah ke Poso sekitar bulan Januari sampai April. Di bulan-bulan tersebut, selain durian, buah-buah lain melimpah seperti rambutan dan langsat. Harganya pun sangat murah. Hmm..bayangkan bagaimana rasanya membelah dan menikmati durian di pinggiran danau Poso yang indah.

%d bloggers like this: