Welcome to Poso

KM Sangiang Singgahi Poso

Posted on: 4 February 2010

KM Sangiang merapat di Pelabuhan Poso

Kamis pagi, 4 Februari 2010, masyarakat Poso kembali menjadi saksi kebangkitan daerahnya. Hal ini ditandai dengan merapatnya kapal Pelni KM Sangiang di pelabuhan Poso. Kapal berkapasitas penumpang 554 orang ini dan berukuran panjang 78m, merupakan kapal penumpang terbesar yang merapat di Pelabuhan Poso.

Bupati Poso, Piet Ingkiriwang dalam pidato sambutannya di hadapan Muspida dan masyarakat Poso yang khusus menyambut kedatangan kapal tersebut mengatakan bahwa kedatangan KM Sangiang kiranya menjadi salah satu bukti bahwa saat ini keadaan Poso sudah aman. Bupati juga mengharapkan ke depan, bukan hanya kapal seukuran KM Sangiang yang merapat di pelabuhan Poso tetapi kapal-kapal penumpang yang berukuran lebih besar lagi.

Sambutan kedatangan KM Sangiang semakin istimewa dengan penyambutan nakhoda dan kru kapal dengan adat Pekasiwia. Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan tarian tradisional serta Modero, tarian khas rakyat Poso dalam bentuk lingkaran dan diiringi musik riang.

KM Sangiang sendiri dirakit di Papenburg, Jerman pada tahun 1997. Dari pelabuhan Poso, KM Sangiang akan menjalani rute menuju Togean Island – Gorontalo – Bitung – Ternate – Sanana – Namlea – Ambon lalu kembali menyusur jalan balik sampai ke Poso. Rute lainnya adalah Bitung – Ulusiau – Tahuna – Lirung – Karatung – Miangas lalu menyusur rute balik ke Bitung – Gorontalo sampai Poso.

Persinggahan KM Sangiang ini di Togean Island akan membuka akses wisata yang lebih terjangkau ke kawasan wisata bahari tersebut. Selama ini, kebanyakan wisatawan menjangkau Togean Island melalui Ampana di Sulawesi Tengah atau Gorontalo.

%d bloggers like this: