Welcome to Poso

Pawai Natal di Poso

Posted on: 29 November 2009

Santa's Friends on the Roads of Poso...

Sabtu sore, 28 November 2009, kota Poso sedikit mendung. Titik-titik hujan disertai angin pegunungan membuat badan serasa dimanja kesejukan. Suasana Idul Adha yang dirayakan sehari sebelumnya masih terlihat di beberapa tempat. Wangi aroma gulai kambing semilir di udara petang.

Sore yang sepi karena libur akhir pekan mendadak ramai. Lagu-lagu natal terdengar nyaring disertai deru kendaraan bermotor. Dalam sekejap kota Poso dipenuhi ratusan mobil dan ribuan kendaraan roda dua. Dentuman lagu-lagu natal dari beberapa kendaraan yang dilengkapi pengeras suara semakin meriah disambut suara klakson dan raungan sepeda motor.

Rupanya inilah cara warga Poso dan sekitarnya menandai datangnya masa Natal di bulan Desember. Beberapa kendaraan mengusung ikon-ikon Natal seperti boneka Santa Klaus dan Teddy Bear yang dihias khas Natal. Pawai diikuti segala umur, termasuk anak-anak dan ibu-ibu. Wargapun berjejal di sepanjang jalan yang dilalui pawai.

Beberapa warga mengaku terharu dengan adanya pawai ini. Seorang ibu berjilbab sambil menggendong anaknya, terlihat asyik menikmati tontonan meriah di depannya.

”Pawai ini dulu selalu ramai,” kata bu Aisyah dengan mata sedikit berair. Ia menambahkan bahwa dia sangat mengharapkan keadaan Poso kembali ke suasana dulu dimana setiap orang merasa akrab satu sama lain tanpa harus terkotak oleh selubung suku, ras, apalagi agama. ”Mudah-mudahan kota kita selalu aman begini ya, mas,” kata bu Aisyah sambil menyeka butir bening yang menumpuk di sudut matanya.

Usut-punya usut, rupanya pawai Natal tahun 2009 ini merupakan pawai yang terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang masih diwarnai rasa takut dan keraguan. Harapan kedamaian pun terbit. Peserta pawai Natal 2009 di Poso pun tidak hanya diikuti umat Kristiani. Banyak juga umat Muslim Poso yang berpartisipasi meramaikan pawai ini.

”Kita semua bersaudara mas. Saya ingin warga Poso merasakan persaudaraan itu, makanya saya dan teman-teman selalu ikut pawai ini,” kata Ismail yang terlihat begitu riang bersama teman-temannya dalam rombongan pawai. Poso terasa semakin ceria sore itu.

2 Responses to "Pawai Natal di Poso"

Mantab komandan….hal spt inilah yg seharusnya “ditiru” oleh media2 kita yang hanya tau menyampaikan hal2 negatif dari bangsanya. Keep writing bro….

Thx om…supportnya…

Comments are closed.

%d bloggers like this: