Welcome to Poso

Lomba Karya Tulis Bea Cukai Poso

Posted on: 25 November 2009

Kantor Bea dan Cukai Poso

Untuk menggairahkan kebiasaan menulis di kalangan masyarakat, Kantor Bea Cukai Poso mengadakan lomba karya tulis berhadiah total Rp7,5 juta. Uniknya lomba ini tidak hanya ditujukan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi juga masyarakat umum dan wartawan.

“Kita ingin meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menyatakan pendapat melalui tulisan yang baik dan berbobot,” kata seorang sumber di Kantor Bea Cukai Poso. Tema yang diambil pun tidak jauh-jauh dari masalah kepabeanan dan cukai untuk lebih memasyarakatkan peran Bea Cukai yaitu: Peranan Bea dan Cukai dalam upaya pengumpulan penerimaan negara, perlindungan masyarakat, perlindungan & pelayanan industri/perdagangan nasional melalui pelayanan dan pengawasan lalu lintas barang antar negara dan antar pulau di Indonesia.

Dari tema umum tersebut dapat dipersempit lagi dalam tema-tema khusus saja seperti peranan  Bea Cukai dalam:

  • Perlindungan lingkungan,  termasuk flora dan fauna langka dari para penyelundup
  • Pengawasan perdagangan ilegal seperti baju bekas (cakar)
  • Pengawasan peredaran rokok tanpa pita cukai atau dengan pita cukai palsu
  • Pengawasan pabrik dan peredaran minuman beralkohol tanpa izin
  • Pengawasan penyelundupan barang mewah, narkoba, senjata api dan amunisi
  • Pengawasan angkutan antar pulau atas barang-barang seperti kayu, minyak sawit (Crude Palm Oil – CPO), hasil tambang dan sebagainya.
  • Pengawasan penyelundupan uang tunai.
  • dan lain-lain

Khusus untuk kategori pelajar diberi tema-tema lebih sederhana seperti: Bea Cukai yang aku tahu, Andai aku pegawai Bea Cukai, dan Patroli Laut Bea Cukai.

Pelaksanaan lomba ini berlangsung sekitar sebulan, efektif di bulan Desember 2009. Surat pemberitahuan telah dikirim ke sekolah, kampus, serta Dinas Pendidikan dan Pengajaran di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Poso, Tojo Una Una dan Morowali. Ketiga kabupaten tersebut berada dibawah lingkup pengawasan Bea Cukai Poso. Peserta lomba karya tulis untuk kategori pelajar, mahasiswa dan umum, memang dikhususkan bagi mereka yang berdomisili di tiga kabupaten tersebut. Sementara untuk kategori wartawan, diperluas bagi wartawan yang kantor redaksinya beralamat di Sulawesi Tengah.

Agar tidak menyulitkan calon peserta lomba, telah diberitahukan pula bahwa sumber-sumber informasi tentang kepabeanan dan cukai dapat dilihat juga di www.beacukai.go.id, http://shcustoms.blogspot.com, http://bcsoetta.net, dan lain-lain.

Pengumuman pemenang dilakukan tanggal 15 January 2010. Selain mendapat hadiah uang tunai, pemenang juga akan memperoleh piala dan sertifikat dari Kepala Kantor Bea dan Cukai Poso.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang pelaksanaan lomba ini, silahkan menghubungi Kantor Bea dan Cukai Poso di 0452-21064. Selamat menulis.

%d bloggers like this: