Welcome to Poso

Jaring wisman dengan Festival Danau Poso

Posted on: 1 August 2009

Pemprov Sulteng menggelar dua acara bertaraf internasional untuk menghapuskan citra Poso sebagai daerah konflik lewat Festival Togian dan Festival Danau Poso sehingga masyarakat dunia tidak ragu untuk berkunjung.
Gubernur Sulteng Bandjela Paliudju mengatakan Festival Togian sudah diadakan pada 18 Juli selama tiga hari yang dihadiri 147 wisatawan mancanegara. 

“Untuk Festival Danau Poso ke 12 yang berlangsung pada 8-11 Agustis 2009, kami harapkan juga lebih banyak dihadiri wisman,” ujarnya hari ini.

Menurut dia, festival ini selain untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata daerah Sulawesi Tengah, juga sekaligus untuk membuktikan kepada masyarakat dalam dan luar negeri bahwa faktor keamanan di Kabupaten Poso sudah kembali kondusif.

Dia mengakui peristiwa krisis dan konflik berkepanjangan di Kabupaten Poso membawa dampak pada semua sektor kehidupan masyarakat, termasuk sektor pariwisata. Festival Danau Poso sempat terhenti penyelenggaraannya. Namun dua tahun terakhir sudah dapat diaktifkan kembali.

“Tahun 2007, jumlah kunjungan wisman ke Sulteng mencapai 1.316 orang dan memberikan devisa Rp9,19 miliar. Oleh karena itu sektor pariwisata kami genjot lagi karena dampaknya langsung dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Menbudpar Jero Wacik pekan lalu menginstruksikan seluruh gubernur, walikota dan bupati untuk melaksanakan tetap melaksanakan event pariwisata yang sudah diprogramkan dalam kalender pariwisata nasional.

“Supaya citra kepariwisataan nasional kita cepat pulih kembali, jangan ada event pariwisata di daerah yang batal. Pascabom di dua hotel di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, promosi pariwisata harus terus ditingkatkan ” kata Jero Wacik. (Bisnis Indonesia, Hilda Sabri Sulistyo)

%d bloggers like this: