Welcome to Poso

PLTA Poso Energy

Posted on: 14 May 2009

Pihak Bukaka Group sejak April 2005 sedang mengembangkan proyek PLTA Poso Energy yang berlokasi di desa Sulewana, Poso. Proyek pembangkit listrik ini memanfaatkan derasnya air sungai yang mengalir dari danau Poso.

Pembangunan PLTA Poso Energy dimaksudkan untuk memenuhi kurangnya pasokan energi listrik untuk wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Secara keseluruhan proyek ini dibagi atas tiga tahap yaitu PLTA Poso I dengan kapasitas 60 MW, PLTA Poso II berkapasitas 180 MW, dan PLTA Poso III dengan kapasitas 300 hingga 400 MW. Saat ini sedang berlangsung pembangunan PLTA Poso II yang kemudian akan dilanjutkan ke PLTA Poso I. Keseluruhan proyek yang menelan dana sekitar Rp6 triliun ini diharapkan selesai tahun 2011.

Selama ini tenaga listrik di  wilayah Sulawesi Tengah dipasok dengan tenaga diesel yang justru menghasilkan kerugiao operasional sebesar Rp3 triliun bagi PLN. Dengan beroperasinya PLTA Poso Energy nantinya diharapkan mengurangi beban operasional PLN, dengan penghematan sampai Rp1,5 triliun per tahun.

Kehadiran Proyek ini selain menjanjikan harapan tidak terjadinya pemadaman listrik di wilayah ini, juga berhasil menyerap ribuan tenaga kerja lokal. Ketersediaan energi listrik juga dapat mendorong munculnya industri-industri baru baik skala kecil maupun besar dan menengah termasuk industri tambang dan pengolahan hasil pertanian.

Indonesia secara keseluruhan mempunya potensi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 70.000 mega watt (MW). Potensi ini baru dimanfaatkan sekitar 6 persen atau 3.529 MW atau 14,2 persen dari jumlah energi pembangkitan PT PLN.

3 Responses to "PLTA Poso Energy"

PLTA di poso menjadi bukti kemajuan dan keterbukaan masyarakat poso terhadap pembangunan kotanya..(Jakarta)

As far as I know, you can have cheaper generator from China…

I Hope so, pembangunan PLTA sama halnya dengan pembangunan depot pertamina poso pada masa lalu, banyak menarik SDM diseputarnya secara permanen.

Comments are closed.

%d bloggers like this: