Welcome to Poso

Poso Siap Gelar Seleksi Tilawatil Quran se-Sulteng

Posted on: 30 April 2009

Lampu STQ Poso

Lampu STQ Poso

Kota Poso belakangan ini seakan tak henti berbenah. Yang paling menyolok adalah lampu-lampu hias yang dipasang secara sukarela oleh warga. Di malam hari, kota Poso terasa lebih permai karena cahaya warna-warni dari lampu hias di depan rumah warga. Harga lampu cukup mahal untuk ukuran daerah, sekitar Rp200-an ribu. Akan tetapi bagi masyarakat sepertinya tidak masalah demi keindahan kota. Jadilah kota Poso lebih gemerlap.

Pemasangan lampu-lampu hias hanyalah salah satu dari berbagai upaya kesiapan pemerintah dan masyarakat menyambut pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran ke-20 (STQ XX) se-Sulawesi Tengah yang dipusatkan di kota Poso. Menurut rencana STQ tersebut akan diadakan tanggal 4 Mei 2009.

Tempat pelaksanaan acara di alun-alun pemda Poso yang tepat berada di depan kantor Bupati Poso, sedang direnovasi total. Sejumlah bangunan didirikan untuk mendukung pelaksanaan STQ. Setiap sore ratusan anak-anak remaja berlatih tarian massal dan drum band yang akan menjadi bagian dari upacara pembukaan STQ.

Tidak hanya itu, jalan-jalan di kota Poso pun dipermulus. Pemda Poso sepertinya tidak main-main untuk menyukseskan acara tersebut. Bangunan-bangunan liar ditertibkan dengan baik dan tanpa keributan dengan masyarakat. Binatang piaraan warga yang tadinya sesekali nyelonong di tengah kota kini sudah tidak terlihat. Sejumlah baliho yang menyuarakan kerukunan dan cinta juga dipasang di berbagai tempat strategis.

Melihat Poso yang makin cantik, tidak salah bila dahulu Poso dikenal sebagai kota Citra (Cantik, Indah, Tertib, Rapi dan Aman).

%d bloggers like this: