Welcome to Poso

ASKES Bantu Ambulans RSD Ampana

Posted on: 14 April 2009

Salah satu upaya untuk peningkatan pelayanan kepada peserta Askes, PT Askes memberikan hibah satu unit mobil ambulance kepada Rumah Sakit Daerah (RSD) Ampana, Sulteng. Penyerahan ambulans dilakukan langsung Direktur Utama PT Askes, Gede Subawa kepada Bupati Tojo Unauna (Touna) Damsik Ladjalani, disaksikan Gubernur Sulteng HB Paliduju pada peringatan HUT ke-45 Provinsi Sulteng ke-45, Senin kemarin (13/4).

Dengan adanya satu unit ambulans tersebut, menurut Gede Subawa, pelayanan terhadap peserta Askes di daerah dapat lebih maksimal, mengingkat program ini merupakan kepedulian PT Askes terhadap program pemerintah dalam hal meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Dipilihnya RSD Ampana sebagai penerima hibah mobil ambulans kata Gede, karena telah memenuhi kriteria yang ditetapkan PT Askes. Salah satunya adalah Kabupaten Touna telah mengasuransikan sepeluh ribu masyarakat kurang mampu. Selain itu, Kabupaten Touna merupakan daerah yang jauh dari ibukota Provinsi Sulteng sehingga keberadaan mobil ambulans sangat dibutuhkan dalam rangka kemudahan pelayanan rujukan maupun pelayanan lainnya. Apalagi ambulans yang dihibahkan, dilengkapi dengan tempat tidur, kotak P3K, tabung oksigen dan lainnya.

Disebutkan orang pertama di Askes Indonesia itu, bantuan prasarana mobil ambulans, sebenarnya sudah dilakukan sejak 2002 lalu dan hingga kini PT Askes sudah memberikan bantuan 158 ambulans kepada rumah sakit-rumah sakit se-Indonesia.

Selain bantuan mobil ambulans, peningkatan kesehatan juga dilakukan dalam bentuk promotif dan preventif serta pendirian Askes Center dan Hotline Service yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk di Sulteng kata Gede Subawa, program kemitraan dengan Pemda dilakukan PT Askes dengan Pemkab Touna. Program kemitraan lanjutnya, merupakan program pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Saat ini Pemkab Touna telah mengasuransikan sepuluh ribu masyarakat kurang mampu atau peserta Asuransi Kesehatan Miskin (Askeskin). Program kemitraan ini kata Gede, pembiayaannya diambil dari APBD Touna dan pengawasannya dilakukan bersama.

‘’PT Askes membantu mengelola program pemerintah melalui menejemen Askeskin,’’ ujar Gede didampingi Kepala Askes Cabang Palu, dr Irmajanti L Batara.

Sementara itu, Bupati Touna Damsik Ladjalani pada kesempatan itu juga, mengungkapkan dengan adanya hibah mobil ambulans dari PT Askes diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin, guna penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Touna. Ambulans juga sebagai sarana transportasi pasien di RSD Ampana, baik bagi peserta Askes maupun masyarakat Kabupaten Tojo Unauna pada umumnya.

”Kepada pihak RSD Ampana untuk dapat dirawat sebaik mungkin bantuan Askes ini,” ujarnya berharap.

Dia, mengatakan dengan pemberian hibah ambulans ini diharapkan akan memberikan dampak positif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan juga meningkatkan nilai kemitraan antara Pemda Ampana dengan PT Askes. Yang jelas PT Askes sebagai mitra Pemda Ampana telah banyak melakukan koordinasi dan konsultasi dalam berbagai kegiatan mulai dari kepesertaan Askeskin dan pemeriksaan medical chek up gratis dan lainnya. (lib/Radar Sulteng)

%d bloggers like this: